Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jumat, 11 Maret 2011

Strategi media periklanan

TINJAUAN UMUM TENTANG STRATEGI, MEDIA, DAN IKLAN

definisi strategi
* Kata strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu strategia yang secara harfiah berarti cara atau taktik.

* Kata strategi pada dasarnya meminjam istilah dari militer yang mengacu pada manuver atau mengatur siasat. Kemudian digunakan oleh para ahli ilmu sosial.
* Michael Porter (1996), strategi merupakan sebuah alat yang penting untuk mencapai keunggulan bersaing.
* Andrew (1980), strategi merupakan kekuatan motivasi untuk stakeholders, seperti manajer, karyawan, konsumen, kontinuitas, pemerintah, dan sebagainya, menerima keuntungan atau biaya yang ditimbulkan oleh semua tindakan yang dilakukan perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung
* Argyris (1985), strategi merupakan respon secara terus menerus maupun adaptif terhadap peluang dan ancaman eksternal serta kekuatan dan kelemahan internal yang dapat mempengaruhi organisasi.
* Glueek & Jauch, strategi merupakan sebuah rencana yang disatukan, luas, dan terintergrasi.
* Stephanie K. Marrus (1997), dalam kajian organisasi, strategi merupakan suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi merupakan suatu cara atau upaya yang dilakukan secara terus-menerus untuk mencapai tujuan jangka panjang yang diharapkan.

untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan serangkaian rencana yang terintegrasi dan menyeluruh dengan mempertimbangkan resiko-resiko dari lingkungan yang akan dihadapi.

Henry Mintzberg

Strategi dibagi ke dalam 5P yaitu:
Strategi sebagai Perspektif.
Strategi sebagai Posisi.
Strategi sebagai Perencanaan.
Strategi sebagai Pola
Strategi sebagai “Penipuan”.

KONSEP DASAR MEDIA
Kata media berasal dari bahasa latin Medium yang secara harfiah berarti “tengah”, perantara atau pengantar. Jadi, dalam komunikasi, media merupakan perantara bagi pengirim (sender) dan penerima (receiver) dalam melakukan pertukaran informasi.

Denis McQuail (2000) menyatakan bahwa media merupakan sebuah tempat dimana kultur dapat berubah, nilai-nilai masyarakat disusun, disimpan, dan diekspresikan dengan jelas

Selanjutnya, media juga diibaratkannya jendela yang dapat menjelaskan, menginterpretasikan realitas sebagai suatu ilmu, pengalaman, informasi, komunikasi, instruksi, dan petunjuk arah.


KARAKTERISTIK MEDIA
karakteristik media dapat membedakan jenis media yang satu dengan jenis media yang lain. Karakteristik tersebut yaitu:

kemampuan dalam mempresentasikan gambar
Kemampuan dalam mempresentasikan warna
Kemampuan dalam mempresentasikan gerak
Kemampuan dalam mempresentasikan bahasa
Kemampuan untuk mengaitkan antara unsur gambar dan suara.

Kontribusi media dalam proses komunikasi

informasi yang dikomunikasikan menjadi lebih standar,
penyajian informasi dapat menjadi lebih menarik,
kualitas penerimaan informasi menjadi lebih efektif,
memungkinkan terjadinya proses belajar secara individual.

KEGUNAAN MEDIA
Umum
memungkinkan pemakainya dapat mengatasi hambatan yang berupa ruang dan waktu dalam memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.
Khusus
1. To Motivate
2. To Inform
3. To Instruct


JENIS-JENIS MEDIA
Media komunikasi berdasarkan alat yang digunakan, yaitu:

Media komunikasi audio merupakan media atau alat bantu komunikasi yang memancarkan suara sehingga memungkinkan komunikasi dapat ditangkap melalui saluran pendengaran, seperti radio dan telepon.

Media komunikasi visual merupakan media atau alat bantu komunikasi yang dapat ditangkap melalui saluran penglihatan, seperti surat kabar, majalah, tabloid, brosur, poster, dan spanduk.

Media komunikasi audio visual merupakan media atau alat bantu komunikasi yang dapat ditangkap melalui saluran pendengaran maupun penglihatan dalam bentuk suara, gambar, maupun tulisan, seperti televisi, video, dan film.

Jenis media komunikasi berdasarkan sasarannya, terdiri dari:

Media komunikasi umum, yaitu alat komunikasi yang dapat ditujukan pada sasaran tunggal, kelompok, atau massa. Contohnya, telepon, telegram, surat, e-mail, brosur, spanduk, internet, surat kabar, radio, televisi, video, dan film.

Media komunikasi massa, yaitu alat komunikasi yang khusus ditujukan untuk tujuan komunikasi massa yang sifatnya bergerak satu arah, dari komunikator pada khalayak. Media yang digunakannya yaitu media komunikasi audio, visual, maupun audio visual.

KONSEP DASAR IKLAN

Kata iklan berasal dari bahasa latin, yaitu ad-vere yang artinya menyampaikan pikiran dan gagasan kepada orang lain.
Secara umum, Iklan didefinisikan sebagai salah satu bentuk komunikasi persuasif yang merupakan bagian dari kegiatan pemasaran dengan maksud membujuk khalayak untuk memanfaatkan barang atau jasa.
Iklan ditujukan untuk mempengaruhi perasaan, pengetahuan, makna, kepercayaan, sikap, pendapat, pemikiran dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu produk atau merek.

DEFINISI IKLAN MENURUT AHLI

Morissan (2010) menyatakan bahwa iklan merupakan bentuk komunikasi nonpersonal mengenai suatu organisasi, produk, layanan, atau ide, yang dibayar oleh satu sponsor yang diketahui.

Makna kata ‘dibayar’ menunjukkan fakta bagi suatu pesan setiap iklan pada umumnya harus dibeli, dan makna dari kata ‘nonpersonal’ merujuk pada setiap iklan yang selalu melibatkan media massa, seperti televisi, radio, majalah, atau koran.

Liliweri (1992) secara lengkap menuliskan bahwa iklan merupakan suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang, atau memberi layanan, serta gagasan atau ide-ide melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.

Kotler (1991) mengartikan iklan sebagai semua bentuk penyajian nonpersonal, promosi ide-ide, promosi barang produk atau jasa yang dilakukan oleh sponsor tertentu yang dibayar. Artinya dalam menyampaikan pesan tersebut, komunikator memang secara khusus melakukannya dengan cara membayar kepada pemilik media atau membayari orang yang mengupayakannya.

William Pattis menyatakan bahwa yang dimaksud dengan iklan adalah setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi dan mempromosikan produk dan jasa kepada seseorang atau pembeli yang potensial.

JENIS-JENIS IKLAN
Comercial Advertising atau Iklan komersial
Corporate Advertising atau Iklan untuk membangun citra
Public Service Advertising atau Iklan Layanan Masyarakat

FUNGSI DAN PERAN IKLAN
Sumber informasi, dengan adanya iklan dapat membantu masyarakat untuk memilih alternatif produk yang sesuai dan dibutuhkannya.
kegiatan ekonomi, dengan adanya iklan para pelaku ekonomi dapat terus memproduksi dan menjual produk mereka.

Sumber dana media, dengan adanya iklan dapat menunjang harga eceran dan langganan surat kabar
Identitas produsen, dengan adanya iklan masyarakat dapat mengetahui nama perusahaan yang memproduksi barang-barang yang dikonsumsinya.
Sarana kontrol, dengan adanya iklan masyarakat dapat mengetahui produk-produk yang legal dan ilegal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar